Growing Every Day
Just like a tree, Landson grows every day. Come, be the witness of our growth
/ Home / News / Testimonial

Bahaya di Balik Krim Vitamin A

Jakarta, Thursday, 22 October 2009| kompas.com

Vitamin A merupakan salah satu kandungan dari produk penuaan kulit yang biasa di jual bebas. Namun, Anda mesti berhati-hati dalam menggunakan produk yang mengandung vitamin A dan turunannya.

Studi terbaru yang dipublikasikan dalam FASEB Journal menunjukkan vitamin A memegang peran yang krusial dalam pembentukan energi di sel. Terlalu banyak atau kekurangan vitamin ini akan berpengaruh buruk bagi tubuh. Karena itu, sebaiknya Anda mewaspadai risiko overdosis vitamin A mengingat kini makin banyak produk, baik kosmetik atau suplemen, yang mengandung vitamin ini.

"Studi kami mencoba menjelaskan potensi buruk dari vitamin A akibat penggunaan krim kosmetik dan suplemen. Penggunaan berlebihan vitamin ini berakibat pada kekacauan produksi energi yang berpengaruh pada pertumbuhan dan kematian sel," kata Ulrich Hammerling, dari Sloan-Kattering Institute for Cancer Research di New York, AS.

Dalam risetnya, para peneliti menggunakan kultur dari sel manusia dan tikus percobaan yang mengandung gen spesifik modifikasi dari bahan kimia yang mengandung produksi energi mitokondrial.

Sel tersebut lalu ditumbuhkan dengan dan tanpa vitamin A. Para peneliti lalu menguji dampaknya pada setiap tahapan produksi energi. Hasilnya menunjukkan, retinol, komponen penting dalam vitamin A, sangat penting untuk metabolisme mitokondria dan berfungsi sebagai sensor nutrisioonal dalam pembuatan energi di sel.

Namun, saat tubuh kita terlalu sedikit atau terlalu banyak menerima vitamin A, mitokondria tak bisa berfungsi dengan sempurna sehingga menimbulkan kerusakan pada organ.

"Kecantikan mungkin hanya sebatas lapisan kulit, tapi vitamin A tidak. Ia akan masuk hingga ke sel inti dan berpengaruh pada kesehatan kita," kata Dr.Gerald Weissmann, editor-in-chief FASEB Journal. "Menggunakan terlalu banyak produk yang diperkaya vitamin A bisa berpengaruh negatif, bahkan fatal bagi tubuh," katanya.

 

Ada 4 komentar untuk artikel ini. Posting Komentar Anda

  • quaddySpula, Terima kasih atas informasi menarik
  • Aberseper-tool, mengapa tidak:)
  • jipiem, seberapa banyak sih jaman sekarang orang yang kelebihan vit A??? yg kekurangan pasti lebih banyak. Hanya himbuan saja,karena sekarang marak salon2 kecantikan.Bahkan mungkin tdk hanya vit A,ada zat2 kimia lain yg lebih mengkhawatirkan dalam produk kosmetika.Jadi .... yang alami sajalah ....
  • Dewi, Lalu, bagaimana kita bisa mengetahui bahwa vitamin A yang kita konsumsi kurang atau lebih untuk tubuh kita? apa tolak ukurnya? lalu tanda-tanda kekurangan atau kelebihan vitamin A apa?

Posting komentar anda

Landson menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Landson berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA

7 Faktor yang Dapat Mengubah Efektivitas Obat

Sudah minum obat tetapi tetap tak kunjung membaik, atau bahkan malah tambah sakit? Kondisi seperti ini mungkin saja terjadi. Tidak banyak yang mengetahui bahwa efektivitas obat bisa berubah

>> more